"Postingan kali ini saya akan membahas tentang lanjutan 3 building blocks pada contoh produk/jasa dengan menggunakan 2 jenis Bisnis di bidang jasa"
·
Customer
segment:
Ø Semua
kalangan
penentuan target masyarakat dari kelas
ekonomi sampai menengah keatas.
·
Value
proposition:
Ø Jasa
penyewaan mobil
Menyewakan
kendaraan untuk dipakai orang lain,per hari,per jam atau per bulan telah menjadi
bisnis yang menjanjikan saat ini. Penyewa yang tak mau repot dengan harus
membeli kendaraan sudah dapat layanan dengan kendaraan lengkap dengan sopirnya
sekaligus kalau menyewa. Perjalanan pun bisa lebihlega tidak seperti naik
angkutan umum yang tidak bisa berhenti atau beristirahat seenak hati.
·
Revenue Stream:
DAIHATSU TERIOS TX - 2012
- M/T
Dalam Kota
12 jam (dengan driver) Rp. 400.000
24 jam (dengan driver) Rp. 550.000
Luar Kota
12 jam (dengan driver) Rp. 500.000
24 jam (dengan driver) Rp. 650.000
Over time 10% per jam dari harga sewa
Dalam Kota
12 jam (dengan driver) Rp. 400.000
24 jam (dengan driver) Rp. 550.000
Luar Kota
12 jam (dengan driver) Rp. 500.000
24 jam (dengan driver) Rp. 650.000
Over time 10% per jam dari harga sewa
Harga belum termasuk BBM, parkir,
tol dan makan driver
·
Channel:
-memasang spanduk,menyebarkan brosur,
dan memanfaatkan social media.
·
Costumer
Relationship:
-Memberikan pelayanan dan
kenyamanan yang baik agar memuaskan pelanggan.
·
Key Resource:
-berupa jasa
yang menyewakan mobil dan di sertakan juga drivernya bagi yang ingin menikmati
perjalanan sepenuhnya.
·
Key Activites:
- promosi,
untuk menarik perhatian konsumen.
·
Key Partner:
-Bekerjasama dengan bengkel atau
montir langganan, untuk memperbaiki ataupun perawatan mobil. Agar memperoleh harga yang
lebih murah.
·
Cost:
-Biaya perawatan mobil dan upah pegawai.
·
Customer
Segment:
Ø Semua
Kalangan
·
Value
Proposition:
Ø Jasa
Fotografi
Banyaknya acara-acara yang di hadirkan rupanya
bergaung baik bagi kelangsungan dunia fotografi di tanah air. Para pelaku usaha
memberikan jasa untuk meliputi sebuah acara penting yang harus di
dokumentasikan. Targetnya bias siapa saja dan acara apa saja mulai dari yang
santai,semi formal,ataupun formal.
·
Revenue Stream:
Paket
Foto Session
Single Package I (perorangan)
·
Biaya Rp. 150.000,-
·
Penambahan orang @ Rp. 50.000,-
·
1 Hari, 2 Jam foto session
·
1 fotografer
·
5 foto edit
·
1 CD Master seluruh hasil foto
Couple Package (pasangan)
·
Biaya Rp. 250.000,-
·
1 Hari, 2 Jam foto session
·
1 fotografer
·
5 foto edit + cetak 4R
·
1 CD Master seluruh hasil foto
Group Package (Minimal 5 orang)
·
Biaya Rp. 350.000,-
·
1 Hari, 3-4 Jam foto session
·
1 fotografer
·
15 foto edit + cetak 4R
·
1 CD Master seluruh hasil foto
·
Channel:
-berpromosi
dengan baik di berbagai media,misalnya kartu nama,leaflet,SMS,internet,atau
lisan dari mulut ke mulut.
·
Costumer
Relationship:
-menentukan
promosi bagi pelanggan pertama.dalam hal ini fee untuk jasa pemotretannya tidak
terlalu mahal.namun untuk proses cetaknya tetap normal di sesuaikan dengan
harga pasaran.
·
Key Resource:
-berupa
jasa foto perorangan atau pasangan sesuai dengan yang diinginkan konsumen.
·
Key Activites:
-mencari
orang yang supel,kreatif,dan mau bekerja keras sehingga dapat saling bahu-membahu
untuk menghasilkan pekerjaan yang memuaskan pelanggan.
·
Key Partner:
-bekerja
sama dengan teman atau saudara untuk membantu aktivitas pemotretan,misalnya
mengarahkan gaya atau back up pencahayaan.
·
Cost:
-biaya
perawatan perlengkapan kamera,biaya tempat atau studio cetak foto,dan biaya
bagi hasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar